Kamis, Maret 27, 2008

Wasiat Bagi Istri dan Ummi Muslimah


Bismillaahirrohmaanirrohiim

"Amat besar kebencian di sisi Allah apabila kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan." (Ash-Shaff : 3).

Berikut adalah wasiat bagi istri dan ummi muslimah :

1. Berperilaku hikmah, aktif dan muraqabatullah, sehingga memungkinkan baginya menjadikan rumah tangga sebagai surga yang menjadi tambatan sang suami dan anak-anak.

2. Melaksanakan kewajiban dan perannya yang asasi di dalam mentarbiyah dan memelihara anak-anak, karena dialah yang paling banyak berinteraksi dengan mereka.

3. Agar memperoleh gambaran yang jelas tentang keluarga teladan, kita bisa membandingkan dengan keluarga yang sang Istri tiada mengandung sifat-sifat Islami, tidak melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagaimana layaknya seorang istri. Dialah yang menjadikan rumah seperti neraka jahim, sebagai ajang perselisihan dan persengketaan dan pertentangan terhadap adab-adab Islam. Sehingga sang suami dan anak-anak tidak mendapatkan suasana tenang dan tenteram.

4. Istri muslimah teladan harus memberikan semangat kepada sang suami dalam menjalankan kewajiban-kewajiban terhadap Islam, seperti amal, pengorbanan dan jihad. "Mereka itu adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka." (Al-Baqarah : 187).
"Maka wanita yang shalih ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah memelihara mereka." (A-Nisa : 34)....

5. Dia harus pandai memilih teman dan orang orang dekat dari kalangan wanita shalihah. Dia juga harus menjaga adab dan tata krama Islam seperti hijab atau tata krama lainnya.

6. Alangkah baiknya jika istri muslimah teladan selektif terhadap masalah halal dan haram, yang berkenaan dengan rumah seperti perabot, pakaian, makanan, minuman, tradisi dan sebagainya. Dia harus menjauhi yang haram dan syubhat (meragukan).

7. Harus ittiba' terhadap sunnah dan petunjuk Rasul di dalam kegiatan dan kebiasaan pada siang dan malam hari yang biasa diterapkan di dalam rumah, seperti cara makan, minum, berpakaian, tidur, salam, minta izin, masuk dan keluar rumah, do'a-do'a dan sebagainya.

8. Dia dan suami harus memperhatikan amalan-amalan Islami dan menanamkannya dalam jiwa anak, seperti shaum ramadhan, tarawih di masjid dan di rumah.

9. Istri muslimah teladan harus juga menjadi qudwah hasanah, beriltizam dengan busana muslimah dan menjauhi model-model berhias yang terlarang seperti penyambung rambut, mencukur bulu alis, pakai cat kuku dan sebagainya.

Referensi : "Qudwah di Jalan Da'wah", Al Ustadz Musthafa Masyur.
"kotasantri.com"

0 masukan:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner