Rabu, September 03, 2008

Belajar Menghargai Waktu

Setiap manusia diberi jatah waktu yang sama, yaitu 24 jam. Meskipun waktu yang disediakan sama , namun setiap orang berbeda dalam mengisinya. Menjadi insan yang produktif bukanlah sesuatu yang datang dengan mudah. Beberapa orang telah memiliki rencana hari mereka dari mulai terbangun sampai kembali ke tempat tidur, mengatur segala hal dan melakukannya, sementara lainnya , tak sedikit yang menjalani hidup tanpa tujuan
Mengingat Tujuan Hidup
Sebagaimana firman Alloh dala surat Adz- Dzariyat ayat 56 " Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu. " Dengan mengingatnya kembali , minimal diri kita akan tergerak untuk berfikir apakah selama ini kita sudah berusaha maksimal untuk mencapai tujuan tersebut

Tinggalkan menunda-nunda Beramal
Tanpa kita sadari , kita sering mengucapkan "nanti" yang merupakan pintu untuk menunda beraktivitas. Abdullah bin Umar r.a. pernah berkata , " jika anda berada pada waktu pagi , maka janganlah menunggu hingga waktu sore. Ebgitu juga bila anda berada pada waktu sore maka janganlah menunggu hingga pagi tiba. Pergunakan waktu sehatmu sebelum sakitmu dan waktu hidupmu sebelum matimu "

Jauhi bermalas-malasan
Penyakit yang satu ini memang sering menghinggapi kita. adakalanya semangat kita mundur, apabila semangat itu ddorong maka semangat itu akan pulih kembali. Namun akan semakin melemah bila dibiarkan begitu saja.Ibnul Jauzy pernah memberikan nasehat kepada putranya, "malas dalam mencari keutamaan adalah teman yang paling jelek dan suka bersantai-santai dapat mewariskan penyesalan yang luar biasa"

Jangan habiskan waktu percuma
Rasululloh pernah bersabda, " dua nikmat yang mebuat terlena yaitu kesehatan dan kesempatan ( waktu )." Kegiatan-kegiatan yang tidak mempunyai nilai ibadah dan sekedar membuang-buang waktu sebaiknya ditinggalkan.

Mengisi waktu dengan amal sholih
Manusia yang berakal dan sukses adalah manusia yang selalu mengisi detik-detik umurnya dengan hal yang bermanfaat dan amal sholih.

1 masukan:

iam mengatakan...

Demi masa..sesungguhnya manusia kerugian, melainkan yang beriman dan beramal sholeh.

Jazakillah, bu..

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner