Minggu, November 30, 2008

perjalanan ibadah haji

2 hari sudah orang tua'ku berada di tanah suci, melaksanakan rukun islam yang ke 5, alhmdulillah akhirnya mamah&papap bisa berangkat juga untuk menunaikan ibadah haji. Setelah sekian lama keinginan orangtuaku terwujud juga.
Secara kasat mata, gak mungkin orang tuaku bisa melaksanakan ibadah haji, murni seorang PNS, darimana bisa mengumpulkan bekal sebanyak itu. belum lagi tanggungan kuliah anak2 & kebutuhan lainnya.
Tapi aku bangga sama kedua orgtuaku, mereka punya tekad, bahwa mereka bisa menunaikan ibadah haji, meskipun tak pernah terfikir darimana asalnya bekal untuk menuju ke sana.
dengan jalan yang tidak diduga-duga, orangtuaku mendapat rezeqi, dan alhmdulillah cukup untuk ONH berdua, ada keinginan taun 1998, dan 2008 ini baru tercapai.. itu suatu berkah yang tidak ternilai.
setelah semuanya benar2 siap...
berikut akan aku ceritakan perjalanan orangtuaku menjelang ke tanah suci dan selama di tanah suci !
Februari 2007, orang tuaku daftar untuk menjadi salah satu calon jemaah haji indonesia. Tapi karena terbatasnya kuota, orangtuaku tidak bisa bernagkat tahun itu juga, dan alhamdulillah tahun 2008 inilah semuanya terwujud. orangtuaku resmi menjadi calon jamaah haji 1429 H.
Setelah resmi menjadi calon jemaah haji, orgtuaku bertekad untuk ikut haji mandiri dengan tidak mengikuti KBIH mana'pun.
Alhamdulillah, tidak hanya orangtuaku saja yang mengikuti program pemerintah dalam mewujudkan haji mandiri, ada sebanyak 43 orang lainnya dari kota Tasikmalaya, termasuk kedua orang tua-ku.
Mulai bulan agustus 2008, orang tuaku mengikuti beberapa kali bimbingan ibadah haji yang diselenggarakan langsung oleh DEPAG & beberapa kali pemeriksaan kesehatan.pada tanggal 20 oktober diputuskan , bahwa orangtuaku masuk kloter74 pemberangkatan gelombang ke 2.
ujian bagi kedua orangtuaku, karena mereka harus terpisah dari kelompok non KBIH. Dimana kelompok non KBIH berangkat gelombang pertama kloter 18, hmm sempat kecewa terhadap berbagai pihak, karena tidak ada koordinasi yang baik dan pengaturan yang terkesan acak2an.... tapi akhirnya kedua orangtuaku menerima dengan lapang dada, itu pun setelah berikhtiar agar bisa masuk kembali ke kelompok awal yang memang sudah bersama-sama saat bimbingan.
Setelah menerima keputusan itu, kami sekeluarga hanya bisa tawakkal berharap ada hikmah di balik semuanya ini.
dan memang benar, banyak sekali hikmah yang bisa kita rasakan. Semua serba dimudahkan, baik itu urusan yang menyangkut keberangkatan kedua orangtuaku ke tanah suci, sampai urusan keluargaku juga, semua serba di luar dugaan. Alhamdulillah... tak henti aku bersyukur..

tanggal 28 Nov
Bismillah, kedua orangtua'ku berangkat dari rumah, sekitar jam satu siang, subhanalloh.. banyak sekali tetangga, kerabat, sodara2 yang ingin mengantar, kurang lebih ada 6 mobil.
kami mengantar sampai gedung dakwah Kota Tasikmalaya, hmm suasana di sana udah penuh dengan orang2 yang mengantar keluarga mereka yang akan melaksanakan ibadah haji, terbayang gak sih yang mu berangkat haji 2 orang , yang nganter 6 mobil, nah jika dalam satu kota ada 150 orang calon jemaah haji,yang nganternya berapa mobil ya? :t
hiks, aku jadi nangis, tangisan bahagia..... terharu dengan semua ini :c


28 nov'08 pukul 14.30 WIB

duuh seperti mimpi
tangisanku makin menjadi saat melihat bis yang mengangkut para calon jemaah haji mulai berangkat dari pelataran gedung dakwah , terlihat dari kejauhan mama'ku duduk di kursi paling depan, papa'ku duduk di kursi bagian belakang.
yaAlloh, lindungi kedua orangtuaku, selamatkan sampai tujuan dan jadikan mereka haji mabrur&mabruroh. :y


15.30, di hari yang sama,
sampainya di rumah, hiks... sedih lagi deh.. sepiiiiiiiiiiiii banget :(
16.30,
dapat sms dari mama, baru nyampe mesjid almahdiyin,istirahat sholat ashar.
21.00,
mama sms, alhamdulillah dah nyampe asrama haji bekasi. :)

minggu/30 nov'08
Alhamdulillah, pertama kalinya ada kontak dengan orangtua'ku
udah sampai mekah & udah melaksanakan Umroh, dan bersyukur mereka dalam keadaan sehat wal'afiat.

dan di hari2 berikutnya, kami lebih sering sms'an, dan terkadang orangtua'ku menelepon, dengan teknologi sekarang, Alhmdulillah kami masih bisa mengobati rasa kangen dimana kami berada di negara yang berbeda.

minggu/7des'08
orangtuaku mengabarkan, kalau mereka sekarang berada di arafah. subhanalloh, terbayang betapa ni'matnya bisa beribadah di tanah suci mekkah, semoga suatu saat aku bisa ke sana juga, amiiiiiiiin

Senin/8 des'08
sekarang orangtuaku menuju ke muzdalifah dan akan mabit di Mina, sambil melaksanakan rukun2 haji lainnya, yaitu melempar jumroh & tahallul.

Kamis/11 des'08
Alhamdulillah semua rukun haji sudah dilaksanakan, tinggal 1 wajib lagi yaitu thowaf wada'

ya Alloh, pintaku.. berikan selalu kesehatan untuk kedua orangtua'ku , lindungi dengan rahmat'Mu, dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga, amiiin

1 masukan:

Anonim mengatakan...

selamat ajh dah buat ortu bu eka,,moga jadi haji yang mabrur,,hehe

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner