Sabtu, Juli 26, 2008

Rapor merah JUNK FOOD


Junk Food merupakan kata predikat untuk makanan dengan kandungan nutrisi rendah.
Biasanya junk food mengandung garam, gula, lemak atau kalori yang tinggi, tetapi rendah nutrisi ( rendah vitamin, mineral dan juga serat )
Dari segi harga, junk food pun relatif lebih murah ketimbang makanan yang sehat, dan rasanya pun lebih familiar ( enak, namun tidak sehat )
Beberapa contoh junk food adalah snack dengan garam yang berlebihan, burger, fried chicken, softdrink, permen, dan banyak lagi contoh yg lainnya.
Mengapa makanan / minuman tersebut digolongkan sebagai junk food?

* Snack, biskuit dan kue-kue manis, mengandung terlalu banyak gula dan sedikit vitamin-mineral

* Minuman berkarbonat( bersoda ), mengandung banyak gula dan beberapa nutrisi, mengandung kafein ( dapat memicu susunan saraf pusat, merangsang kerja jantung ) dan zat adiktif, yang tidak baik bagi tubuh.

* Es krim, mengandung banyak nutrisi, tapi penuh gula dan lemak

* Minuman rasa buah dalam kemasan, mengandung gula dan air, dengan zat rasa buatan dan zat pewarna, Biasanya sedikit mengandung jus buah asli.

* Kentang goreng, Walaupun kentang tergolong makanan sehat, namun karena digoreng dan ditaburi garam, jadi mengandung banyak lemak dan tinggi garam.

JUNK FOOD musuh kesehatan

Jika dimakan sesekali mungkin junk food tak berpengaruh banyak terhadap kesehatan kita. Namun jika dikonsumsi berlebihan, berhati-hatilah,rasa ketagihan yang ditimbulkannya dapat mengusik kesehatan kita.

# Junk food yang mengandung banyak gula, dpat merusak gigi dan menyebabkan terjadinya kavitas ( gigi berlubang )
# Terlalu sering makan makanan yang banyak gula, kadar insulin dalam tubuh tidak stabil, dan memicu terjadinya penyakit diabetes mellitus ( kencing manis ) di kemudian hari
# Junk Food meyebabkan terjadinya obesitas ( kegemukan ) karena nilai kalori yang tinggi. Obesitas akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit diabetes, penyakit jantung, pembuluh darah, stroke dan menyebabkan masalah sosial-psikologis.
# Konsumsi makanan tinggi lemak ( terutama lemak jahat yang terdapat dalam junk food ) dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, dan meningkatkan resiko untuk terjadinya aterosklerosis ( penyumbatan pembuluh darah oleh plak lemak ), penyakt hipertensi, jantung dan kanker di kemudian hari.
# Terlalu banyak garam dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi di masa yang akan datang.
# Pengawet, pewarna, dapat merusak persarafan, meningkatkan faktor resiko terjadinya kanker.

1 masukan:

Anonim mengatakan...

nice

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner